Akses Listrik di Jabar Belum Merata , Jabar Caang Pasang Listrik Gratis Puluhan Ribu MBR

- 17 Oktober 2020, 23:44 WIB
Pjs Bupati Indramayu, Bambang Tirtoyuliono menerima rombongan Dinas ESDM Jawa Barat bersama mitra CSR untuk pemasangan listrik gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah.* /Agung Nugroho

CIREBON RAYA -Akses listrik di Jawa Barat  belum merata. Puluhan ribu rumah warga kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tidak memiliki instalasi listrik.

Data di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Barat, Jumat (16/10/2020), tahun 2018 sampai 2019 sejak program Jabar Caang dimulai, sudah terpasang 21.335 sambungan listrik gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sampai Desember tahun 2020 ini ditargetkan tambahan 11.782 rumah MBR.

"Kita telah memasang puluhan ribu sambungan listrik gratis sejak program Jabar Caang diberlakukan. Ini akan terus berlangsung sampai akses listrik merata di Jabar," tutur Direktur Utama PT MHJ ONWJ, Ryan Alfian Noor.

Sebelumnya, pada Kamis (8/10/2020) Kepala Dinas ESDM Jawa Barat, Ir. Bambang Rianto MSc, mengatakan perlunya percepatan pemerataan listrik. Sebab listrik merupakan kebutuhan pokok dan strategis, apalagi dimasa pandemik Covid-19 sekarang ini.

"Infrastruktur di Jabar relatif memadai, namun masih saja ada warga yang belum bisa menikmati akses listrik. Harus dilakukan percepatan penerapan," tutur Bambang Rianto di Indramayu.

Bambang menyaksikan penandatanganan para mitra Coorporate Social Responsibility (CSR) dengan instalatir di ruang dinas Pendopo Pemerintah Kabupaten Indramayu. Penandatanganan ini bagian dari program Jabar Caang yang bertujuan menciptakan pemerataan akses listrik di seluruh Jawa Barat.

Hadir menyaksikan penandatanganan tersebut, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Bambang Tirtoyuliono, Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar, Begin Troys dan Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar ONWJ, Ryan Alfian Noor. Beberapa wakil mitra CSR yang ikut berpartisipasi dalam program Jabar Caang ikut menyaksikan, termasuk wakil dari PT PLN Jawa Barat, serta pejabat terkait dari Pemkab Indramayu.

Bambang menuturkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mencanangkan pemerataan listrik. Melalui program "Jabar Caang", sejak tahun 2018, pemasangan listrik bagi MBR terus digalakkan. Sampai tahun 2019, sudah ada pemasangan listrik di 21.335 rumah tangga MBR.

"Pemasangan ini full dibiayai lewat dana CSR. Tidak menggunakan dana pemerintah," tuturnya.

Halaman:

Editor: Agung Nugroho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X