Dua Pasien Covid-19 Bergejala Berat dan Kritis Kembali Sembuh, Berkat Praktik Terapi Plasma Darah

- 18 Oktober 2020, 01:11 WIB
Ilustrasi sel darah. /Pixabay/Narupon Promvichai

 

CIREBON RAYA – Dua pasien terkonfirmasi Covid-19 bergejala berat menunjukan tanda-tanda kesembuhan setela dirawat di rumah sakit di Kabupaten Cirebon. Kondisi kesehatan kedua pasien tadi meningkat signifikan setelah menjalani terapi plasma darah konvalesen.

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat, Minggu pagi (18/10/2020) menjelaskan, kedua pasien dirawat di Rumah Sakit (RS) Mitra Plumbon dan RS Waled. Saat dirawat di kedua rumah sakit tadi, satu pasien memiliki gejala berat dan lainnya bahkan berada dalam kondisi kritis sehingga pernafasannya membutuhkan bantuan oksigen.

“Keduanya bergejala berat dan kritis. Tim medis lalu menerapkan terapi plasma untuk menolong keduanya,” tutur Kepala Dinas Kesehatan setempat, Hj Enny Suhaeni.

Baca Juga: Rasio Kontak Cirebon Raih Standar WHO, Terbaik Penanganan Covid-19 di Jawa Barat

Setelah sepekan menjalani terapi plasma darah, peningkatan kesehatan pada tubuh kedua pasien sangat menggembirakan. Kini, keduanya sudah menunjukan tanda-tanda kesembuhan, satu pasien yang sempat kritis, kini sudah tidak lagi menggunakan alat bantu oksigen.

“Tabung oksigennya sudah dilepas,” tutur Enny.

Penyintas lokal

Dijelaskan, di Cirebon,  tim medis satuan tugas telah menerapkan praktik plasma darah untuk empat pasien bergejala berat. Dua yang pertama telah sembuh dan terbebas dari infeksi virus corona setelah dua minggu menjalani terapi plasma darah di RS Waled.

Halaman:

Editor: Agung Nugroho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X