Cirebon Memanggil, Butuh Donor Darah Penyintas Covid-19 Untuk Terapi Plasma Darah Pasien Bergejala

- 18 Oktober 2020, 08:58 WIB
Kabag Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan.* /Agung Nugroho/

CIREBON RAYA – Pemerintah Kabupaten Cirebon mengkampanyekan gerakan “Cirebon Memanggil” untuk penanganan terhadap pasien Covid-19. Gerakan itu ditujukan untuk para penyintas Covid-19 untuk merelakan diri mendonorkan darahnya.

 

“Kita sangat membutuhkan darah dari para penyintas Covid-19. Mereka yang telah memiliki riwayat positif Corona dan telah sembuh, kini diharapkan kerelaannya untuk mau mendonorkan darahnya,” tutur Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, Minggu (18/10/2020).

 

“Cirebon Memanggil” ini setelah tim medis dari Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat mencatat kemajuan menggembirakan dari terapi plasma darah konvalesen yang belakangan ini diterapkan. Sudah empat penderita virus Corona yang bergejala berat, menjalani terapi ini dan hasilnya memuaskan.

Baca Juga: Dua Pasien Covid-19 Bergejala Berat dan Kritis Kembali Sembuh, Berkat Praktik Terapi Plasma Darah

 

Dari tim medias dilaporkan, pasien pertama dan kedua yang menjalani terapi plasma darah, telah dinhatakan sembuh baik dari gejala klinis maupun infeksi Corona. Keduanya diobati di Rumah Sakit (RS) Waled, dan kini sudah terbebas dari Corona serta diperbolehkan pulang ke rumah.

Pasien ketiga dan keempat juga sama, memiliki gejala berat, bakan satu diantaranya sempat berada dalam kondisi kritis. Kedua pasien itu menjalani terapi plasma darah di RS Waled dan RS Mitra Plumbon selama lebihh dari satu minggu.

Halaman:

Editor: Agung Nugroho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X