'Cirebon Memanggil' Banyak Peminat, Pendonor Titer Antibodi Penyintas Harus Penuhi Syarat

- 18 Oktober 2020, 21:42 WIB
Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj Sri Heviyana menyaksikan proses donor darah dari seorang penyintas Covid-19.* /Agung Nugroho/

 

CIREBON RAYA – Kampanye “Cirebon Memanggil” ternyata banyak peminat. Para penyintas Covid-19 asal Kabupaten Cirebon, banyak yang terpanggil dan tergerak untuk mendonorkan darahnya.

 Hanya saja, untuk tahap awal, yang memenuhi syarat baru dua orang. Keduanya ialah seorang pejabat eselon dua setingkat kepala dinas di lembaga pemerintahan di jajaran Pemerintah Kabupaten Cirebon, dan seorang ang berprofesi sebagai dokter.

 Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon, Hj Sri Heviyana, Minggu malam (18/10/2020) menjelaskan, semua penyintas yang mendaftar menjadi pendonor, harus diperiksa terlebih dahulu kesehatannya.  Petugas dari PMI akan memeriksa terlebih dahulu titer atau kadar antibodinya.

Baca Juga: Terjawab, Identitas Dua Penyintas Covid-19 Lokal yang Mendonorkan Darah untuk Terapi Plasma

 “Kalau peminat Alhamdulillah banyak. Para penyintas cukup antusias untuk menjadi pendonor. Hanya saja, setela diperiksa, titer antibodinya banyak yang tidak memenuhi syarat,” tutur dia.

 Heviyana menjelaskan, dari sekian penyintas Covid-19 yang mendaftar, hanya dua orang yang memenuhi syarat. Petugas PMI mengambil darah dari keduanya dan memproses menjadi plasma untuk mendukung praktik terapi plasma darah ole tim medis.

 “PMI Cirebon memiliki kualifikasi untuk mengolah darah menjadi plasma. Tenaga ahli kita kompeten dan dilengkapi sertifikat,” tuturnya.

Baca Juga: Cirebon Memanggil, Butuh Donor Darah Penyintas Covid-19 Untuk Terapi Plasma Darah Pasien Bergejala

Halaman:

Editor: Agung Nugroho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X